Logo
|

Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends


Hi Wayzer! Dengan Google Trends, kamu dapat melakukan riset keyword dengan mengetikkan kata kunci pada homepage Google Trends. Google Trends akan menampilkan keyword yang paling populer secara umum. Selain itu, pada hasil pencarian juga akan menampilkan grafik tren keyword selama beberapa waktu ke belakang. 


Adapun cara riset kata kunci menggunakan Google Trend adalah sebagai berikut : 

1. Menelusuri kata kunci di Google Trend

Tentukan topik yang ingin dicari kemudian masukkan pada kolom yang telah tersedia. Lalu, akan muncul halaman dengan tampilan data berupa kata kunci yang kamu pakai. Jika belum memiliki ide apa yang akan dicari, kamu bisa memilih beberapa contoh pencarian yang paling populer dicari. Hasil yang muncul bisa kamu pakai untuk melakukan penelusuran terkait keyword dan topik yang ingin dibahas.


2. Menganalisa Grafik Google Trends

Grafik yang ada di halaman Google Trend tidak bisa menggambarkan jumlah pencarian, tetapi tentang indeks ketertarikan publik.


3. Membandingkan Beberapa Keyword

Melalui fitur pencarian keyword di Google Trend, kamu bisa menambahkan beberapa perbandingan topik. Fitur tersebut berfungsi untuk memudahkan dalam membuat perbandingan serta menentukan keyword mana yang paling baik untuk digunakan.


4. Menerapkan Kategori Pencarian Keyword

Google Trend juga bisa digunakan dalam pencarian ide dan data kata kunci untuk kategori lainnya. Beberapa kategori diantaranya adalah pencarian web, pencarian berita, pencarian gambar, dan pencarian YouTube.


5. Mengoptimalkan Keyword Menurut Lokasi

Jika kamu mempunyai toko online yang menjual produk-produk tertentu, kamu bisa menggunakan data geografis yang terdapat di Google Trend untuk fokus pada target promosi produk dan konten bisnismu ke daerah-daerah yang ada di lokasi tersebut untuk peningkatan penjualan.


6. Menganalisa Trend Musiman

Contoh dari trend musiman adalah seperti kata kunci yang berhubungan dengan hari raya besar keagamaan seperti lebaran, tahun baru, natal, puasa, dan lainnya. Kamu bisa menggunakan Google Trend untuk melakukan analisis terhadap perubahan penelusuran kata kunci dan menampilkan strategi konten yang menarik saat waktunya tepat.


Demikian 6 Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends yang harus wayzer ketahui, semoga bermanfaat.



Waysata Eksplor

Update info seputar Waysata, Wayzer!

WhatsApp